21
JUL
2018

Pelaksanaan PWSB dan Matsama Tahun Ajaran 2018/2019

Alhamdulillah, washshalatu wassalamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala alihi wa shahbihi wa man walah, la haula wa la quwwata illa billah, amma ba’du.

Rangkaian kegiatan Penerimaan Wali Santri Baru (PWSB) dan Masa Ta’aruf Santri Madrasah (Matsama) Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad Tengaran 2 (PIAT 2) Majalengka tahun ajaran 2018/2019 telah dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 11 Juli 2018.

Acara yang bertemakan “Santri Saat Ini, Pemimpin Masa Depan” ini dihadiri oleh ratusan santri dan wali santri baru yang sebagian besar berasal dari luar kota Majalengka. Juga dihadiri oleh jajaran Dewan Pembina Yayasan Hidayatus Sunnah Majalengka yang diketuai oleh bapak Kholid Mubarak Bashobih, Dewan Pengurus yang diketuai oleh ustadz Fatkhurrokhman, dan para tamu undangan khusus, yaitu Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad, S.I.K., M.Si., Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka DR. Yayat Hidayat, M.Ag., perwakilan Wali Santri bapak Norviadi Setio Husodo, S.S, M.Si. (wali santri ananda Irfandi Fiqra Husodo) dan sejumlah tamu undangan khusus lainnya.

Acara PWSB diawali dengan pembacaan laporan Penerimaan Santri Baru (PSB) oleh Ketua Pelaksana kegiatan PSB tahun ajaran 2018/2019, ustadz Zainuddin, M.Pd., Disusul pidato sambutan dari Mudir PIAT 2, ustadz Fatkhurrokhman yang dalam sambutannya mengingatkan peran penting dan potensi santri dan pesantren dalam mencetak kader-kader pemimpin bangsa di masa depan.

Sedangkan dalam pidato sambutannya, Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad, S.I.K., M.Si. mengingatkan perlunya pembangunan karakter yang kuat dari para santri dalam menghadapi pertumbuhan arus globalisasi dan kondisi sosial ekonomi Majalengka, terutama sehubungan dengan beroperasinya bandara internasional di kota Majalengka (Bandara Kertajati-red). Sedangkan dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka DR. Yayat Hidayat, M.Ag. menekankan pentingnya keselarasan antara pendidikan spiritual dan sains, terutama di lingkungan pondok pesantren.

Acara dilanjutkan dengan serah terima santri oleh wali santri, yang dalam hal ini diwakili oleh bapak Norviadi Setio Husodo, S.S., M.Si. (wali santri ananda Irfandi Fiqra Husodo) kepada PIAT2, perkenalan para civitas PIAT 2 kepada para wali santri, dan sejumlah kegiatan lain yang berlangsung hingga menjelang pelaksanaan sholat Ashar.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan Matsama, yang pelaksanaannya dimulai pada hari Senin tanggal 9 Juli 2018, sampai dengan hari Rabu tanggal 11 Juli 2018. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pengenalan (orientasi umum) PIAT 2 dan lingkungan disekitarnya, berbagai tausiyah dari para asatidzah PIAT 2, halaqah Al-Quran, permainan, kerja bakti dan berbagai kegiatan lain.

Narasumber dari pihak eksternal PIAT 2 juga dilibatkan dalam kegiatan Matsama ini, diantaranya dari pihak kepolisian, dalam hal ini diwakili oleh Kasat Binmas Polres Majalengka AKP Kustadi beserta staf yang memberikan pengarahan mengenai permasalahan kenakalan remaja di masa sekarang. Pada hari berikutnya, pemateri dari pihak TNI, yang dalam hal ini diwakili oleh Danramil 1716/Dawuan Kapten Cba H. Suhardi beserta staf yang memberikan bekal dan pengarahan kepada para santri baru, dengan tema 4 Pilar Kebangsaan, yaitu NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Sedangkan untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan para santri, PIAT 2 mengundang dr. Mourizt Arafah Niode dari RS Pelabuhan Cirebon sebagai narasumber. Rangkaian kegiatan ditutup dengan kegiatan bimbingan kepada para santri baru oleh 26 orang Santri Khidmah (santri pengabdian dari PIAT Pusat dan Ponpes Assunnah Cirebon) yang akan bertugas mendampingi para santri sebagai Musyrif dalam kurun waktu satu tahun kedepan.

Leave a Reply

*